7 Cara Mencegah Ejakulasi Dini Bagi Pria yang Ampuh dan Efektif

Hubungan seksual merupakan hubungan yang sangat intim dan perlu dilakukan oleh pasangan suami istri. Hubungan seksual dapat membantu agar rumah tangga menjadi lebih harmonis dan dapat membangun rasa kesetiaan serta rasa sayang yang semakin besar. Namun banyak kasus rumah tangga yang tidak harmonis karena permasalahan yang muncul saat berhubungan seksual, salah satu masalahnya adalah ejakulasi dini.

Ejakulasi dini merupakan suatu kejadian keluarnya air mani pria secara tiba-tiba atau cepat saat baru beberapa detik atau menit berhubungan seksual dengan istri, hal ini juga menjadi tanda seorang pria sudah klimaks. Masalah ejakulasi dini bukanlah masalah yang sepele, banyak hubungan rumah tangga yang rusak atau adanya perceraian akibat tidak harmonisnya hubungan seksual pasangan suami istri.

Faktor atau Penyebab Ejakulasi Dini

Faktor Genetika
Ejakulasi dini menandakan bahwa fungsi organ tubuh pria berjalan secara optimal, yang membuat cepat merasa klimaks adalah faktor gen. Akan tetapi faktor genetika tidak selalu menentukan ejakulasi anda, anda bisa mengubahnya dengan melakukan terapi dan beberapa pengobatan lainnya.

Faktor Onani
Onani merupakan kegiatan yang dilakukan seorang pria yang biasanya masih tergolong muda untuk meraih kenikmatan secara singkat. Akan tetapi onani yang dilakukan dengan terburu-buru akan membuat saraf terangsang dengan cepat sehingga akan membuat saraf terbiasa dengan rangsangan ini. Hal ini akan berakibat saat anda berhubungan seksual dengan pasangan anda, maka akan dengan cepat air mani keluar karena sudah terbiasa dengan gerakan yang cepat dan terburu-buru. Maka hal ini perlu dihindari jika tidak ingin ejakulasi dini yang terus menerus dan membuat pasangan menjadi tidak puas.

Gairah Yang Tinggi
Hubungan seksual yang dilakukan oleh istri akan lebih nikmat jika dilakukan dengan perlahan dan terkontrol dengan baik. Hal ini akan lebih menimbulkan sensasi kenikmatan yang luar biasa, dibandingkan dengan bermain secara tergesa-gesa dan tidak terkontrol. Hal ini yang dinamakan gairah yang terlalu tinggi, sehingga memudahkan anda mengalami ejakulasi dini.

Terlalu Sensitif
Sebagian pria memiliki tubuh yang sensitif, sehingga saat disentuh oleh lawan jenis akan membuat seorang pria menjadi terangsang. Terlebih jika kepala penis disentuh oleh pasangan, maka akan membuat ejakulasi dini bagi seseorang yang tidak bisa mengkontrol.

Kurang Pengalaman
Pengalaman juga sangat berpengaruh bagi seorang pria yang baru saja melakukan hubungan seksual. Maka tidak heran jika pasangan suami istri baru akan menghadapi masalah ejakulasi dini, berbeda dengan yang sudah bertahun-tahun menikah, mungkin bisa tahan lama.

Cara Mencegah Ejakulasi Dini
Ejakulasi dini merupakan keadaan klimaks yang terlalu cepat, sedangkan pada dasarnya seorang pria untuk mencapai klimaks yang normal adalah 5 sampai 7 menit. Bagi seorang wanita waktu klimaks yang dibutuhkan adalah selama 12 sampai 15 menit, sehingga membuktikan jika anda mengalami ejakulasi dini maka akan membuat pasangan anda tidak puas dan membuat kecewa bahkan marah. Maka dari itu, dibutuhkan cara agar tidak ejakulasi dini. Berikut beberapa cara yang dapat diikuti untuk mencegah ejakulasi dini.

Memainkan Pikiran
Untuk mencegah ejakulasi dini, diperlukan pikiran yang tidak berhubungan dengan seks. Cobalah untuk mengacaukan yang ada di pikiran anda, jangan fokus untuk satu tujuan yaitu kenikmatan atau seks. Hal ini akan membuat anda cepat mengalami ejakulasi dini. Mengacaukan pikiran akan membuat dua efek yang berbeda, efek positifnya anda akan lebih lama dapat menahan air mani untuk keluar dan dapat memuaskan pasangan anda.

Sedangkan efek negatifnya adalah, anda akan merasa tidak menikmati hubungan seksual yang sedang terjalin, selain itu pasangan juga akan tahu bahwa anda tidak menikmati hubungan seksual. Intinya adalah dengan mengatur pikiran atau mengendalikan pikiran kita, maka ejakulasi dini tidak akan terjadi.

Memakai kondom
Menggunakan kondom saat berhubungan seksual merupakan cara yang ampuh untuk mencegah ejakulasi dini. Hal ini dikarenakan penis tidak langsung bersentuhan dengan dinding vagina pasangan anda, sehingga mengurangi tingkat sensitifitas penis. Pada dasarnya bagian penis yang paling sensitif adalah kepala penis, maka dari itu jika menggunakan kondom, hubungan seksual akan berjalan lama, namun sedikit mengurangi kenikmatan. Terkadang sebagian wanita tidak suka berhubungan seksual dengan menggunakan kondom karena merasa tidak puas dan nyaman.

Menekan batang penis
Cara ini merupakan cara menahan ejakulasi dini untuk beberapa saat saja, yang perlu dilakukan adalah jika sudah merasakan tanda-tanda akan keluar air maninya maka tekan batang penis dengan kedua jari. Akan tetapi cara ini membuat anda tidak menikmati hubungan seksual dengan sepenuhnya, terlebih jika kondisi saat nikmat-nikmatnya maka sangat disayangkan jika harus menghentikan permainan.

Melatih relaksasi
Melatih relaksasi digunakan untuk mengurangi atau menghindari rasa takut atau kecemasan saat berhubungan seksual dengan pasangan. Kecemasan dan ketegangan merupakan situasi yang dapat memperparah ejakulasi dini anda. Untuk mengatasi ini, anda dapat menenangkan pikiran anda dengan mendengarkan lagu yang disuka sambil beristirahat.

Melakukan Terapi Seksual
Terapi seksual dapat dilakukan dengan pasangan anda. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan sang istri mengonani penis anda saat posisi badan anda sedang berbaring. Saat ejakulasi tiba, maka pasangan anda dapat menekan penis dengan jari telunjuk, jaring tengah dan ibu jari selama beberapa detik. Lakukan terapi ini berulang-ulang agar ejakulasi dini dapat teratasi.

Menggunakan obat-obatan
Menggunakan obat-obatan yang dimaksud merupakan obat untuk anti depresi. Seperti yang sudah dibahas, bahwa seseorang yang deperesi atau mengalami kecemasan maka akan membuat ejakulasi dini. Maka dari itu diperlukan bantuan obat sejenis ini, namun harus menggunakan saran dokter agar tidak overdosis dan menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti ketergantuan pada obat kimia.

Memanfaatkan ramuan alami / herbal
Ramuan herbal merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah ejakulasi dini dengan alami tanpa mengandung bahan-bahan kimia. Ramuan herbal lebih dianjurkan dari pada menggunakan obat kimia, karena kecil kemungkinan menimbulkan efek samping dan ketergantungan. Anda dapat membeli ramuan herbal yang banyak dijual oleh orang-orang, namun anda perlu selektif dalam memilih ramuan herbal dan pastikan benar-benar aman.

Selain itu, anda juga dapat membuat ramuan herbal sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang dapat membantu ejakulasi dini. Bahan alami yang memiliki manfaat seperti itu adalah, daun bungkus papua, bawang merah dan bawang putih, daun jarak pagar, adas pulosari, dan lain-lain.

Semua tanaman itu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ejakulasi dini dan juga memperbesar ukuran penis anda. Selain tanaman ada juga minyak lintah yang terbuat dari hewan lintah yang sudah terbukti dapat membantu melancarkan peredaran darah pada batang penis sehingga baik untuk memperbesar ukuran penis dan juga mencegah terjadinya ejakulasi dini.