5 Makanan Bernutrisi untuk Memperbanyak Asi

Asi adalah hal yang sangat penting bagi seorang anak. Hal ini disebabkan karena pada saat lahir, sistem pencernaan bayi masih belum sempurna dan paling mudah menerima ASI sebagai penunjang kehidupannya. Bukan hanya itu ASI juga memiliki banyak manfaat dan nutrisi yang baik untuk menunjang pertumbuhannya kelak.

ASI juga merupakan salah satu produksi otomatis dalam tubuh ibu yang dibentuk karena kebutuhan anak. Akan tetapi terkadang ASI tidak semudah itu keluar. Ada beberapa ibu yang mengeluhkan bahwa asinya tidak keluar setelah melahirkan.

Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh banyak hal terutama nutrisi yang didapatkan ibu pada saat sebelum melahirkan. Oleh karena itu ibu harus bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk memproduksi ASI. Apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu untuk memperbanyak ASI ini? Berikut adalah ulasannya.

Edamame

Kacang edamame adalah salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang lengkap untuk kelancaran ASI. Kandungan nutrisi yang ada dalam kacang edamame ini antara lain adalah asam folat, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin C dan vitamin K serta kalium. Bukan hanya itu saja, kacang berwarna hijau yang memiliki rasa yang nikmat tersebut juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein yang tinggi ini merupakan salah satu hal yang penting bagi ibu yang sedang menyusui.

Pepaya

Satu lagi makanan yang sangat penting bagi ibu yang sedang menyusui. Makanan tersebut adalah pepaya. Pepaya sesungguhnya merupakan makanan yang banyak dihindari oleh ibu yang sedang hamil. Hal ini disebabkan karena getah dari pepaya muda memang dapat memberikan ancaman untuk kesehatan dan kelangsungan kehamilan.

Oleh karena itu pepaya banyak dihindari oleh ibu yang hamil meski ia sudah matang. Padahal kandungan nutrisi dalam pepaya sangat banyak dan sangat penting untuk ibu yang ingin melancarkan produksi asinya. Tapi jika ibu sudah melahirkan, konsumsi pepaya memang bukan hal yang berbahaya untuk dilakukan.

Pepaya yang dikonsumsi setelah melahirkan akan memberikan banyak manfaat untuk proses menyusui. Hal ini disebabkan karena pepaya memiliki kandungan kalium dan juga vitamin yang sangat tinggi. Bahkan kandungan kalium dan juga vitamin yang dimilikinya bahkan lebih tinggi daripada kandungan kalium dan vitamin yang ada dalam buah jeruk. Hal ini merupakan salah satu hal yang menyebabkan buah pepaya menjadi salah satu anjuran konsumsi sehari-hari bagi ibu yang baru melahirkan.

Lalu mengapa keberadaan kalium penting untuk ibu menyusui? Konsumsi kalium yang cukup untuk ibu menyusui memang sangat penting. Hal ini disebabkan karena kalium merupakan sebuah kandungan yang membantu mengurangi potensi depresi dan stress yang dialami oleh ibu yang sedang menyusui.

Stress dan depresi merupakan hal yang rentan terjadi pada ibu menyusui padahal stress merupakan salah satu hal yang menyebabkan ASI menjadi lebih sulit diproduksi. Jadi keberadaan kalium sebagai anti depresan ini memang sangat penting untuk ibu agar produksi asinya dapat lebih lancar dan banyak.

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau. Bagi ibu yang menyusui konsumsi sayuran hijau adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena sayuran hijau memiliki banyak sekali manfaat dan nutrisi yang penting untuk ibu yang sedang menyusui. Kandungan nutrisi yang ada dalam sayuran hijau ini sangat beragam mulai dari vitamin hingga mineral yang sangat dibutuhkan untuk ibu yang sedang menyusui. Oleh karena itu konsumsi sayuran hijau apapun akan memberikan manfaat yang besar bagi ibu yang sedang menyusui.

Sebagai sayuran hijau bayam juga memiliki manfaat dan nutrisi yang lengkap seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi bayam tidak hanya menawarkan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang lengkap saja sebagai penunjang produksi ASI.

Hal ini dikatakan karena bayam memiliki satu lagi kandungan yang sangat penting bagi ibu yang baru melahirkan dan menyusui. Kandungan tersebut adalah Phytoestorogen. Phytoestogen merupakan salah satu hormon yang mirip dengan esterogen yang juga dapat ditemukan di dalam kacang-kacangan seperti kedelai. Keberadaan phytoestogen ini sangat menguntungkan bagi ibu yang sedang menyusui. Hal inilah yang menyebabkan bayam menjadi salah satu sayuran yang penting untuk dihadirkan dalam menu makanan ibu yang sedang menyusui.

Jinten hitam

Selain makanan dari buah dan juga kacang-kacangan, ada lagi jenis makanan yang memiliki banyak nutrisi untuk memperbanyak asi. Makanan tersebut berasal dari biji-bijian. Apa biji tersebut? Biji yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI menjadi sangat aktif adalah biji jinten hitam.

Jinten hitam atau yang sering disebut dengan nama habbatussauda ini merupakan sebuah biji dari tanaman yang memiliki manfaat pelancaran ASI yang sangat tinggi. Jinten hitam disebut memiliki manfaat untuk melancarkan ASI karena kandungan yang dimilikinya.

Dalam jinten hitam anda bisa mendapatkan banyak sekali kandungan yang mendorong pembentukan ASI. Diantaranya adalah sam lemak tak jenih dan juga kandungan-kandungan yang meningkatkan produksi hormon pendorong produksi ASI dalam tubuh. Manfaat dari jinten hitam ini menyebabkan konsumsi jinten hitam dapat menjadi pendorong efektif untuk produksi ASI.

Kemampuan dari jinten hitam untuk membantu memperbanyak ASI ini menjadi salah satu hal yang banyak mendapatkan perhatian dari kalangan produsen obat herbal. Karena mudah ditemukan dan memiliki manfaat yang sangat efektif, keberadaan jinten hitam ini banyak di budidayakan dan di cari untuk dibuat menjadi obat herbal yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI dalam tubuh ibu.

Semangka

Tidak kalah dengan pepaya, si buah yang berair ini yang disebut dengan buah semangka ini juga memiliki manfaat yang sangat tinggi untuk produksi ASI yang kurang lancar. Mengapa? Hal ini disebabkan karena semangka juga memiliki kandungan kalium yang tinggi untuk membantu mengurangi potensi munculnya rasa stress yang dialami oleh ibu yang sedang menyusui.

Selain memiliki kandungan kalium yang tinggi, buah semangka yang memiliki rasa nikmat ini juga memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin A yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai suplemen untuk ibu menyusui.

Semangka yang kaya dengan vitamin dan juga kalium ini ternyata tidak hanya baik untuk membantu meningkatkan produksi ASI saja. Konsumsinya secara tiap hari juga akan membantu meningkatkan kualitas ASI yang diproduksi oleh ibu menyusui.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena selain memiliki kandungan kalium dan juga vitamin, semangka juga memiliki kandungan asam folat. Asam folat ini merupakan salah satu komponen yang penting dalam ASI yang akan membantu perkembangan anak.

Sebetulnya ada banyak makanan lain yang dapat digunakan untuk memperbanyak ASI tapi selain makanan-makanan tersebut kebiasaan juga memegang pengaruh yang besar untuk memperbanyak ASI minum air putih dan juga memberikan rangsangan dengan menyusui bayi secara langsung dalam frekuensi yang sering akan membantu meningkatkan produksi ASI dengan efektif.